Pages

Friday, September 11, 2009

Mindmapping: Mengembangkan Ide

MindMapping adalah alat untuk memetakan ide yang ada dipikiran kita. Tony Buzan adalah orang yang mengembangkan MindMapping, dua bukunya yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia mudah ditemukan di toko buku dan mudah untuk dihabiskan untuk dibaca. Kalau malas membaca buku maka di Internet ada yang dengan sederhana memperkenalkan MindMapping salah satunya adalah JCU Study Skill Online.

MindMapping berguna untuk menjelaskan, menggambarkan dan mencatat suatu ide entahkah yang kita tangkap atau yang hendak kita ungkapkan, secara menyeluruh. Jadi dengan MindMapping kita mendapatkan keseluruhan ide atau mengungkapkan ide dengan menyeluruh. Bentuknya yang sederhana membuat kita menjadi terbantu untuk membaca dengan mudah. Mempelajari MindMapping tidak memerlukan waktu lama. Berkreasi dengan MindMapping merupakan hal yang menyenangkan karena MindMapping melibatkan visual dan warna. Siapapun akan terbantu dengan kedua hal tersebut. Tony Buzan bahkan sangat menekankan dua hal tersebut: visual atau gambar dan warna. Menurutnya jika hanya ada mono tone, atau satu warna, maka itu akan menyebabkan apa yang disajikan menjadi MONOTON dan akhirnya membosankan. MindMapping jauh dari membosankan.

MindMapping membutuhkan alat yang sederhana : kertas, pensil warna, otak dan imajinasi. Pastikan bahwa imajinasi kita tidak tertinggal! Memulai dari tengah-tengah kertas dengan menuliskan ide besar atau topik adalah awal mula imajinasi kita dikembangkan. Berikutnya cabang-cabang yang melengkung (hindari garis lurus, karena menimbulkan monoton juga) untuk menghubungkan topik utama dengan hal-hal yang berkaitan dengan topik. Garis melengkung tersebut menggambarkan asosiasi. Jadi, dalam MindMapping asosiasi adalah yang paling penting!!! Langkah lengkapnya adalah :
topik utama di tengah kertas
  1. garis melengkung atau cabang dari topik utama sebanyak yang kita perlukan. Hindari garis yang terlalu panjang agar hubungan dari topik ke sub topik atau dari sub topik ke sub-sub topik berikutnya tidak terlalu jauh, sehingga hilang asosiasinya (kalau hubungan pacaran jarak jauh tidak enak kan?)
  2. kata kunci pada setiap garis yang ukurannya sepanjang garis lengkung yang dibuat adalah sub topik dari topik utama. Jumlahnya bergantung pada kebutuhan. Ayo.. keluarkan idemu!!
  3. garis lengkung dan kata kunci berikutnya dari sub topik adalah sub-sub topik. (dan seterusnya... hingga menthok idemu)
Gunakan gambar sebagai ganti kata kunci. Gambar yang digunakan haruslah yang mewakili topik atau sub topik. Gunakan warna untuk gambar dan garis lengkung yang dibuat. Berkreasilah!!

Kapan menggunakan MindMapping?
  1. mencatat waktu kuliah
  2. mengungkapkan ide
  3. mempersiapkan bahan ajar
  4. mempersiapkan proposal
  5. brainstorming sendiri atau dengan rekan
  6. membuat catatan rapat
  7. mengumpulkan kebutuhan klien (Software Engineering)
  8. mempersiapkan paper
  9. mengembangkan ide skripsi atau penelitian
  10. (silakan lanjutkan dan temukan....)
Dengan demikian MindMapping membantu kita dalam mencurahkan ide dalam rangka apapun, dan membantu kita untuk melihat gambaran ide secara lengkap.

MindMapping salah satu ketrampilan sederhana yang dapat diajarkan di kelas Literasi Informasi untuk mengajarkan cara mengidentifikasi masalah dan mengembangkan ide untuk memulai membangun produk informasi dalam bentuk apapun.

Dalam pengalaman mengajarkan MindMapping, hal yang sederhana dan menyenangkan ini ternyata tidak selalu dapat ditangkap dengan baik. Yang menjadi masalah adalah :
  1. menentukan kata kunci untuk sub-topik
  2. menentukan sub-topik
Namun demikian, MindMapping tetap mudah untuk disampaikan dan diajarkan. Menggunakan MindMapping dengan lancar perlu berlatih dan melalui latihan tersebut justru akan mengembangkan imajinasi. Imajinasi yang berkembang menimbulkan banyak ide-ide baru.

Jadi tunggu apalagi? Ayo ber-MindMapping!

2 comments:

bernaz said...

wooo lha disini lebih komplit definisinya ^^

Umi Proboyekti said...

lho kok kamu bisa menyasar ke sini? Mind Mapmu masih perlu perbaikan, berarti ide di benakmu perlu ditata ulang.. ayo.. jangan menyerah.