Pages

Saturday, July 19, 2008

waktunya bekerja

Workshop di Bogor kemarin adalah waktu belajar, brainstorming dan mendapat ide-ide baru serta juga merasakan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh teman-teman di perpustakaan sekolah. Pulang ke kandang, membawa banyak oleh-oleh yang sudah campur baur karena pengendapan yang mengolah rencana, pengalaman dan informasi baru.

Kalau teman-teman di perpustakaan universitas atau sekolah mengalami kesulitan dalam memasukkan IL ke dalam kurikulum, saya malah dapat nasib lain. Dengan begitu mulusnya, IL ditempelkan pada matakuliah BAHASA INDONESIA yang diwajibkan oleh DIKTI. Ini karena si Bos sudah memasukkannya ke dalam Kebijakan Akademik yang baru. Seneng? Seneng banget dapat dukungan begitu. Tapi..... harga yang harus dibayar adalah:
  1. persiapan modul yang segera siap
  2. pemberdayaan teman-teman di perpustakaan supaya mampu terlibat di kelas-kelas juga segera
  3. koordinasi intensif dengan teman-teman di MKH
  4. mengajar banyak kelas [busyet dah]
Pokoknya sekarang waktunya kerja. Saya sudah kebanyakan omong IL dan IL, tapi belum praktek. Semester ini akan jungkir balik mengajarkan IL di semua program studi S1 dan juga program pasca sarjana.

IL? jangan ngomong doang donk.. ayo kerjakan!


Mungkin beberapa teman merasa tanpa dukungan dari Bos, IL tidak bakal dapat dijalankan. Maaf, itu salah besar. Sebelum saya tahu dukungan yang besar dari Bos, kami sudah punya rencana sederhana untuk berbuat. Tidak ambisius, tapi melakukan dengan sederhana dan dapat dirasakan oleh pengguna. Yang kami rencanakan adalah:
  1. siapkan dan membuka kelas IL pada jadwal yang mungkin bagi mahasiswa
  2. siapkan beberapa modul sederhana
  3. membuat promosi sederhana ke para dosen untuk mendorong mahasiswa mereka ke perpustakaan untuk dibantu dalam kemampuan tertentu : pemanfaatan mesin pencari, penelusuran informasi di online database, pemanfaatan infrastruktur teknologi di kampus.
  4. promosi tetap adalah pengumuman yang selalu tertempel, dan melakukan pendekatan langsung saat mahasiswa ditemukan merasa kesulitan dalam akses dan penggunaan informasi.
Cara seperti ini akan berhasil. Kami sudah coba sebagian dan ternyata menular dari 1 mahasiswa ke mahasiswa lain. Senang melihat mereka tersenyum karena apa yang tadinya mereka tidak pahami, sekarang mereka sudah mampu lakukan.

Masa-masa sekarang adalah masa yang tepat untuk persiapkan beberapa modul IL. Tidak perlu lengkap, kerjakan semampunya. Buatlah selebaran sederhana, bagikan kepada mahasiswa baru, dan sediakan selebaran tersebut di perpustakaan. Bersiaplah untuk menyambut kedatangan mahasiswa-mahasiswa. Sekalipun hanya 1 orang, beri layanan terbaik.

Kita mengerjakannya karena kita peduli pada anak bangsa ini. Kita mengerjakannya karena kita memilih untuk mengerjakan. Kita mengerjakannya, karena itu panggilan hati kita, bukan hanya sekedar profesi, jabatan, atau bahkan karena kita digaji.


Selamat bekerja. SEMANGAT!!!!

No comments: