Pages

Saturday, May 17, 2008

Library 2.0 : Evaluasi

Salah satu hal penting dari pengembangan perpustakaan menurut konsep library 2.0 adalah evaluasi. Evaluasi pada umumnya dianggap sebagai kegiatan terakhir dan tidak berkelanjutan. Jadi jika ada suatu program atau kegiatan, maka diakhir program atau kegiatan tersebut ada evaluasi. Umpan balik diberikan lalu dicatat, namun jarang hasil evaluasi tersebut menjadi draft proposal untuk kegiatan selanjutnya. Ini yang sering terjadi di perpustakaan kami. Ketika kami menyadari ini, kami tidak heran mengapa perpustakaan tidak memiliki perkembangan yang signifikan. Kalaupun ada, perkembangan itu kemudian dianggap biasa dan rutin. Mengapa? Karena tidak dievaluasi.

Menyadari kelalaian tersebut, rapat terakhir perpustakaan berisi sharing tentang pelatihan yang diikuti 3 teman kami di UGM dan pelatihan yang kami adakan beberapa hari yang lalu. Rapat jadi ajang cerita. Banyak masukan yang diberikan oleh teman-teman yang mengikuti pelatihan. Selama pelatihan yang amat sangat padat, mereka selalu merefleksikan dan membandingkan antara teori, hasil pengamatan, dan praktek latihan dengan apa yang ada di perpustakaan kami. Jujur diakui bahwa banyak sekali yang harus diperbaiki dan sekaligus banyak yang dapat dikembangkan. Dari penataan ruang, prosedur pengolahan, cara melayani, peralatan yang digunakan, jenis pelayanan, teknologi informasi, jenis koleksi, dan cara bekerja. Lengkap sudah. Ini namanya evaluasi.

Langkah berikutnya setelah menceritakan semua yang didapat, atau brainstorming, adalah membuat rapat kerja untuk menentukan apa yang hendak dilakukan. Rapat kerja juga harus menghasilkan sesuatu, tidak hanya brainstorming, apalagi berkeluh kesah. Sesuatu yang akan dihasilkan adalah rencana detil mewujudkan program baru, layanan baru, atau perubahan yang akan direncanakan. Termasuk di dalamnya KAPAN program, layanan dan perubahan baru tersebut akan di-EVALUASI. Ini penting.

Evaluasi adalah titik perputaran berikutnya. Tanpa evaluasi, perkembangan selanjutnya tidak ada. Jadi, kalau mau berkembang, mulailah dari evaluasi. Ini konsep penting dalam libraru 2.0

No comments: