Pages

Friday, April 25, 2008

Persiapan Kelas Literasi Informasi

Dalam mempersiapkan kelas literasi informasi di perpustakaan untuk mahasiswa di perguruan tinggi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
  1. mengenal literasi informasi (IL)
  2. observasi kebutuhan IL mahasiswa
  3. pemberdayaan diri dengan IL
  4. persiapan fasilitas IL : alat, staff, prosedur pelaksanaan, modul
  5. uji coba dan evaluasi
Mengenal literasi informasi dapat dilakukan secara mandiri internal atau mengikuti seminar tentang IL. Informasi tentang IL dapat ditemukan dengan mudah di Internet, baik melalui situs perpustakaan universitas di negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris, maupun melalui organisasi yang berkaitan dengan perpustakaan seperti ACRL, IFLA dan CILIP. Beberapa blog pribadi juga menjadi alternatif sumber informasi untuk mengenal dan belajar tentang IL.

Dengan berbekal pengetahuan tentang IL, observasi terhadap kebutuhan IL mahasiswa dapat dilakukan dengan mengadakan survey, atau wawancara dengan beberapa dosen atau mahasiswa secara langsung. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
  1. pemahaman terhadap tugas-tugas yang diberikan
  2. kemampuan mencari informasi di Internet, dan menentukan buku yang tepat dengan kebutuhan di perpustakaan
  3. kemampuan mahasiswa dalam menentukan topik paper/karya tulis
  4. pengetahuan dalam hal mengutip
  5. pengetahuan dalam hal membuat daftar pustaka
  6. pengetahuan tentang menyusun paragraf, parafrase, dan memakai tampilan visual
  7. pengetahuan menggunakan word processing dan presentation tools
dan masih banyak lagi. Survey dapat dilakukan dengan kuesioner yang sederhana, atau wawancara langsung di lab atau perpustakaan. Dari hasil survey dapat diketahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa, dan dengan demikian dapat diketahui kebutuhan IL yang tepat bagi mereka.

Pemberdayaan diri yang dilakukan berikutnya adalah mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah dalam model literasi. Misalnya dalam BIG 6 atau Empowering 8. Lakukan latihan secara mandiri dalam rangka menghasilkan suatu informasi yang akan dipublikasikan secara umum atau internal. Lakukan langkah-langkah dalam BIG 6 dan telaah tantangan yang dihadapi.

Persiapan fasilitas mungkin menjadi suatu tantangan institusi. Misalnya kebutuhan fasilitas yang diperlukan adalah laboratorium komputer. Jika dana tidak memungkinkan maka dapat menggunakan laboratorium komputer universitas. Jika hal ini tidak memungkinkan maka siapkan kelas literasi informasi yang memanfaatkan apa yang ada di perpustakaan tanpa komputer. Langkah-langkah dalam model literasi Big 6 misalnya masih dapat dilakukan tanpa komputer dan Internet. Karena itu kreatifitas diperlukan.

Penyusunan modul didasarkan pada kebutuhan IL mahasiswa. Modul-modul IL dapat dibentuk sebagai modul yangberbasis web seperti modul di Univ. of Idaho, TILT, atau LaSierra Univ.

Evaluasi dapat dilakukan dengan jika kelas sudah dijalankan. Evaluasi dapat dilakukan dengan meminta para peserta kelas mengisi form evaluasi. Faktor-faktor yang perlu dievaluasi adalah.
  1. bahan IL
  2. tutor IL
  3. cara penyampaian materi
  4. fasilitas
Jika kelas ini dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa dan membawa perubahan yang baik bagi kinerja akademik mereka, ini akan menjadi suatu alasan yang baik untuk mendapatkan dukungan institusi untuk meningkatkan fasilitas.

No comments: