Misalnya dalam lingkup perpustakaan akademik/perguruan tinggi, seorang mahasiswa mendapat tugas untuk membuat sebuah karya tulis sebagai tugas suatu matakuliah. Maka penting baginya untuk memahami tugasnya secara lengkap. Alat tanya 5w1h dapat membantu:
- apa topik karya tulis itu? Teknologi Informasi Terkini dan Dampaknya pada masyarakat
- apa format karya? deskripsi atau penjabaran
- rentang waktu teknologi informasi yang dibahas ? 1-2 th
- sumber informasi yang diijinkan? jurnal, majalah, Internet
- informasi apa yang dicari? Teknologi informasi paling baru dan penggunaannya oleh masyarakat; cari dampak positif & negatif penggunaan teknologi tersebut
- siapa audiens karya tulis ini? mahasiswa TI [berkaitan dengan kedalaman topik dan istilah-istilah yang digunakan]
- apa syarat-syarat penulisan ? berupa karya tulis, hard copy, dua halaman A4, dengan sumber informasi yang jelas
- kapan karya tulis dikumpulkan? 2 minggu depan
- bagaimana menyusun karya tulis? 3 hal pokok: pengantar, permasalahan, kesimpulan/penutup
- Freewriting: proses menuliskan apa saja yang ada dalam benak selama 3-5 menit tanpa henti untuk mendapatkan ide topik yang mungkin selama ini menjadi minat.
- Brainstorming : mengembangkan ide dalam penjabaran/ deskripsi berupa paragraf. Menuliskan penjabaran selama 3-5 menit secara fokus.
- Clustering : membuat diagram hubungan antara istilah-istilah yang berkaitan satu sama lain, untuk menyusun ide-ide pembahasan dalam suatu karya penulisan
- Dramatizing : menggunakan 5w1h (what, why, when, where, who dan how) untuk mengembangkan suatu topik dari banyak segi/sudut.
Pada tahap identifikasi masalah ini, menurut Empowering 8 mahasiswa punya kemampuan:
- Define the topic/subject : mampu mendefinisikan topik atau subyek dari kebutuhan informasinya
- Determine and understand the audience: paham siapa audiensnya
- Choose the relevant format for the finished product: mampu memilih format yang sesuai untuk produk informasi yang dihasilkan
- Identify the key words : mampu tentukan kata kunci untuk topik dari kebutuhan informasinya
- Plan a search strategy: mampu membangun rencana pencarian sumber informasi yang mendukung: lokasi, format, cara menentukan yang tepat, tempat bertanya jika diperlukan
- Identify different types of resources where information may be found: mampu menentukan tipe-tipe sumber informasi: buku, artikel, e-book, website, artikel elektronik, hasil wawancara, foto, laporan keuangan, dsb
Bantuan yang dapat diberikan adalah dengan menanyakan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan bagi mereka untuk membuat produk informasi itu. Dengan menanyakan pada mereka, diharapkan pertanyaan pustakawan dapat menjadi check list hal-hal yang harus mereka persiapkan atau lakukan.
1 comment:
maaf, sekadar sharing aja ya bu . . .
Kualitas informasi tergantung pada empat hal yaitu akurat, tepat waktu, relevan dan ekonomis, yaitu:
a. Akurat
b. Tepat waktu
c. Relevan
d. Ekonomis
Post a Comment