Pages

Wednesday, February 13, 2008

Literasi Informasi

Literasi informasi adalah suatu kemampuan. Kemampuan ini yang berkaitan dengan aktifitas menggunakan dan menghasilkan informasi. Kenapa informasi penting? Ya karena banyak segi kehidupan yang perlu informasi. Karena tidak seorangpun suka dibohongi dan dibodohi, maka kita selalu pastikan bahwa informasi, berita, pesan yang kita peroleh dapat dipercaya. Karena itu ada langkah-langkah untuk memastikan bahwa informasi, berita, pesan yang kita peroleh terpercaya.

Literasi informasi adalah suatu kemampuan. Kemampuan ini dapat dicapai dengan lancar melakukan aktifitas-aktifitas berikut: identifikasi kebutuhan atau masalah, mencari informasi, mengevaluasi temuan informasi, melakukan pengolahan/sintesis terhadap informasi, menyusun informasi baru, menyajikan informasi itu.

Aktifitas-aktifitas ini kemudian disusun oleh berbagai pihak dengan tambahan aktifitas dalam rangkaian tersebut. Setiap rangkaian aktifitas itu disebut model. Model Literasi Informasi. Misalnya BIG 6, EMPOWER 8 atau Seven Pilar.

Setiap aktifitas memiliki penjelasan lebih rinci apa artinya, seberapa jauh perlu dilakukan dan aturan/etika yang mengikutinya. Salah satu model yang banyak dikenal adalah BIG 6.

No comments: