Situasi seperti ini dialami banyak perpustakaan, bahkan mungkin semua perpustakaan memiliki situasi seperti ini dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tingginya tingkat sejalan dengan jumlah staff yang sulit dikembangkan. Situasi ini mau tidak mau harus diatasi sekalipun memakan waktu dan membuat perkembangan perpustakaan agak tersendat. Hal yang perlu dimiliki oleh pimpinan perpustakaan adalah pandangan positif terhadap situasi dan orang-orang sulit berkembang itu. Beberapa pandangan positif yang dapat dipegang adalah :
- manusia dapat berubah
- setiap manusia punya kesempatan kedua banyak kali
- setiap manusia punya bakat masing-masing dengan tingkat yang berbeda
- setiap masalah ada jalan keluarnya
- selalu ada banyak rencana yang dapat dibuat : Plan A, Plan B, Plan C dst.
- setiap masalah ada inti masalah yang dapat digali dan diketahui
- test psikologi untuk test bakat atau problem kepribadian dapat dilakukan untuk mengetahui semua bakat atau kelebihan/kelemahan tiap pribadi. Test ini dilanjutkan dengan konsultasi pribadi dengan psikolog yang menjelaskan hasil test dan membantunya memberi penjelasan alternatif-alternatif yang dapat dilakukan. Hasil test ini dapat menjadi rekomendasi jenis pekerjaan yang sesuai dan pemberdayaan yang tepat bagi staff tersebut. Kemudian, berikan tanggung jawab atau jenis pekerjaan yang sesuai untuk percobaan dengan dilakukan evaluasi.
- diskusi langsung dengan staff di luar suasana kantor untuk memberi kesempatan yang bersangkutan untuk menjelaskan visi dan misinya, kesulitan yang dihadapi, situasi di luar kantor yang mempengaruhi, kebutuhan tertentu. Dengan mengetahui lebih lengkap informasi tentang situasinya akan membantu menentukan alternatif-alternatif penyelesaian masalah. Sepakati bersama apa yang akan dikerjakan. Jika memungkinkan hindari keputusan dari satu pihak, tapi dari dua pihak untuk memperlihatkan komitmen bersama. Lakukan alternatif penyelesaian yang disepakati.
- magang pada staff lain yang lebih mumpuni dengan diberikan langkah-langkah kerja yang jelas lalu dievaluasi dari dua pihak, staff yang dititipi magang dan yang magang. Jika ternyata tidak cocok karena ketrampilan dan minat tidak sesuai, ganti magang tempat lain. Jika tidak cocok hanya karena ketrampilan, maka diberdayakan dengan kursus khusus.
- carikan pekerjaan yang paling dasar dengan ketrampilan dasar selama beberapa waktu dengan langkah-langkah yang jelas, lalu evaluasi. Jika hasil evaluasi baik, tingkatkan dengan pekerjaan berikutnya dengan ketrampilan yang lebih selama beberapa waktu, lalu evaluasi. Beri kesempatan bagi yang bersangkutan untuk memberi masukan apa yang sesuai dengan situasinya. Jika sudah memutuskan jenis pekerjaan apa yang sesuai, berikutnya beri tanggung jawab yang meningkat serta dibekali dengan ketrampilan yang sesuai.
No comments:
Post a Comment